Kamis, 06 September 2012

Tafsir Surat An Nas

Pembuka
Alhamdulillah segala puji kepada Allah Subhanawata'ala yang menurunkan 2 surat yang agung, surat Al Falaq dan An Nas. Barangsiapa membaca keduanya ketika pagi maka Allah akan melindunginya sampai sore, barang siapa membacanya pada sore hari maka Allah akan melindunginya sampai pagi. Di siang hari yang santai ini mari kita simak penjelasan Syeikh Abdurrahman As Sa'di dalam kitab tafsir yang sangat masyhur Taisirul Karimirrahman fi kalamil mannan.
Penjelasan umum Surat An Nas
Surat ini mengandung pelajaran kepada kita tentang alistiadzah atau permohonan perlindungan kepada rab manusia (Rab artinya pencipta, pemelihara, pemilik, penguasa, pemberi rizki, pengatur dsb) dan penguasa manusia dan sesembahan manusia, kita berlindung dari setan yang merupakan sumber semua kejahatan, kita juga berlindung dari bala tentaranya yang diantara bahaya yang ditimbulkan adalah membisikkan ke dada manusia ajakan maksiat dan kejelekan.

Mereka membuat seolah-olah kejelekan menjadi kebaikan, menghiasinya dan memprovokasi mereka untuk melakukannya. Mereka juga membuat seakan-akan kebaikan itu menjadi sesuatu yang buruk, menggambarkannya tidak sesuai dengan yang sebenarnya, dan mereka selalu membisikkannya. Mereka akan lari menjauh jika seorang hamba berdzikir kepada Rabnya dan memohon pertolongan kepadaNya untuk menangkal perbuatan mereka.
Maka sudah semestinya bagi seorang hamba untuk senantiasa berlindung dengan sifat Rububiyah Allah, (bahwa Dia satu-satunya yang menciptakan manusia semuanya, mengatur, memelihara dan menguasai mereka semua).
Semua makhluk masuk dalam rububiyah Allah dan masuk dalam kerajaan Allah, maka setiap makhluk yang berjalan di bumi ini Dia mengawasi setiap tindak tanduknya.
Dan selayaknya seorang hamba berlindung dengan sifat uluhiyahNya (maknanya bahwa Allah satu-satunya yang berhak diibadahi atau disembah), yang mana Allah menciptakan semua makhluk untuk tujuan uluhiyah itu sendiri (maknanya Allah menciptakan semua makhluk untuk beribadah dan menyembah kepadaNya). Dan tidak akan sempurna ibadah mereka kecuali dengan menolak kejahatan musuh-musuh mereka yang menghalangi dan menjauhkannya dari ibadah. Setan ingin menjadikannya masuk dalam golongannya agar menjadi penghuni neraka.
Bisikan setan bisa dari jin bisa pula dari manusia, itulah kenapa Allah berfirman minaljinnati wannaas artinya dari golongan jin dan manusia.
Pelajaran Penting
Dalam surat An Nas ini Allah menganjurkan kita berlindung dengan menyebut 3 sifat Allah yaitu:
1. Rabbinnas (Rab manusia)
2. Malikinnas (Penguasa Manusia)
3. Ilahinnas (Sesembahan manusia)
Jika dibandingkan dengan surat sebelumnya al falaq disana disebutkan kita dianjurkan berlindung dengan menyebut satu sifat saja yaitu Rabbilfalaq (Rab shubuh) maka ternyata dalam surat ini ada perkara yang lebih besar yang kita harus berlindung darinya yaitu bisikan setan yang bisa membuat hati kita sakit dan mati sehingga celaka dunia akhirat, berbeda dengan surat alfalaq kita dianjurkan berlindung dari bahaya-bahaya fisik seperti hewan buas, sihir dan sebagainya, bahaya yang hanya membuat kita celaka di dunia.

Tidak ada komentar: