Selasa, 04 September 2012

Tafsir Surat Al Lahab (Versi Indonesia)



 سَيَصْلَىٰ نَاراً ذَاتَ لَهَبٍ







Penjelasan Umum
Firman Allah subhanawata’ala: { تَبَّتْ يَدَآ أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ } “Celakalah abu lahab dan merugi” lima ayat yang diberkahi ini turun sebagai bantahan kepada Abu lahab paman nabi Muhammad shalallahualaihiwasallam pada saat beliau menyeru dan memberi peringatan kepada kaumnya setelah turun ayat وَأَنذِرْ عَشِيرَتَكَ ٱلأَقْرَبِينَ } “Dan berilah peringatan kepada kerabat dekatmu.” (QS. As-Syu’ara: 214)

Rasulullah naik ke bukit Shofa dan menyeru: "Perhatian-perhatian! Maka manusia berkumpul disekitar beliau dan beliaupun berkata kepada mereka: "Sesungguhnya aku memperingatkan kalian dari adzab yg dasyat, katakanlah lailahaillallah (tak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah, kalimat yang membuat bangsa arab menjadikan kalian sebagai penguasa dan bangsa a'jam (non arab) akan mengikuti kalian."Maka Abu lahab berbicara: "Apakah hanya untuk urusan ini kamu mengumpulkan kami? Celaka engkau sepanjang hari." Maka Allah menurunkan ayat sebagai bantahan kepadanya:{ تَبَّتْ يَدَآ أَبِي لَهَبٍ } "Celakalah abu lahab." Ini adalah kalimat doa, maka abu lahab mati dalam keadaan sakit yang mengerikan sehingga mayatnya tidak dapat dicuci dan hanya disiram air.
 { وَتَبَّ }"Watabb" maknanya bahwa Allah mengkabarkan kebinasaan Abdul 'izzi abu lahab.
Firman Allah: { مَآ أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ } "tidak berguna bagi dia harta dan apa yang dia kumpulkan" Ketika Allah sudah marah terhadapnya maka Allah memasukkan dia ke dalam neraka, dan tidak berguna harta dan keturunannya, keduanya tidak bisa menghindarkan dia dari adzab Allah.
Firman Allah: { سَيَصْلَىٰ نَاراً ذَاتَ لَهَبٍ } "Akan masuk ke dalam neraka yang apinya bergejolak" maknanya menyala dan berkobar
Firman Allah:{ وَٱمْرَأَتُهُ } "Dan istrinya" yaitu ummu jamil alaura', yaitu { حَمَّالَةَ ٱلْحَطَبِ } pembawa (alkhatab)" yaitu dia biasa meletakkan duri di jalan yang dilalui oleh rasulullah ketika hendak sholat shubuh di masjid haram.
Firman Allah:{ فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِّن مَّسَدٍ }  "Di lehernya diberi kalung dari masad" yaitu pelepah kurma.
Demikianlah Allah memberi hukuman kepada musuh-musuhNya dan musuh-musuh Rasululllah shalallahu'alaihi wa sallam.

Pelajaran penting:
1. Penjelasan hukuman Allah kepada Abu lahab dengan kebinasaannya dan menggagalkan segala usahanya untuk mencelakai Rasulullah shalallahualaihiwasallam
2. Tidak berguna harta benda dan anak keturunan bagi orang yang melakukan perbuatan yang mengundang murka Allah dan meninggalkan amal yang mendatangkan ridhoNya.
3. Haramnya menyakiti kaum mukmin secara mutlak
4. Tidak bergunanya hubungan kekerabatan jika orang telah syirik dan kafir, sebagaimana Abu lahab diadzab di neraka yang bergejolak yang notabene dia adalah paman Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam.

Tidak ada komentar: