Senin, 10 September 2012

Tafsir Surat Al Kautsar

Salah satu surat pendek yang dihafal hampir semua kaum muslimin adalah surat alkautsar, agar lebih menancap dihati mari kita simak tafsir yang dibawakan oleh syeikh Abdurrahman Assa'di dalam kitabnya yang masyhur taisirul karimurrahman fi tafsiril kalamil mannan.
Allah subhanawatala berfirman kepada Rasulullah shalallahualaihiwasallam memberi kabar gembira kepadanya, inna a'thainaka kalkautsar, sesungguhnya kami akan memberimu kebaikan yang sangat banyak, dan keutamaan yang melimpah, salah satunya yaitu sungai yang diberi nama alkautsar dan juga telaga.
Panjangnya berjarak satu bulan perjalanan dan lebarnya juga berjarak sebulan perjalanan.
Airnya berwarnalebih putih dari susu, rasanya lebih manis dari madu, gelasnya seperti bintang dilangit dalam jumlahnya dan juga kilaunya, barangsiapa meminumnya satu tegukan saja maka tidak akan merasa haus selamanya.

Setelah Allah menyebut semua nikmat kepada rasulullah tersebut Dia memerintahkannya untuk mensyukurinya, sebagaimana firmannya: fashalli lirabbika wanhar, maka shalatlah kepada rabmu dan berkorbanlah, Allah mengkhususkan dua ibadah ini karena memiliki keutamaan yang besar dan salah satu bentuk pendekatan diri yang sangat mulia.
Dan karena shalat mengandung sikap ketundukan hati dan anggota tubuh kepada Allah, dan pada ibadah korban terdapat bentuk taqarrub (pendekatan diri) yang mulia karena mampu menundukkan kecondongan hati terhadap harta dan sifat kikir.
Innasyaniaka huwal abtar sesungguhnya orang yang benci terhadapmu adalah orang yang terputus dari kebaikan, terputus amal dan namanya tenggelam tidak disebut sebut lagi.
Adapun nabi Muhammad shalallahualaihiwasallam dialah yang paling sempurna diantara makhluk, diantaranya dia akan selalu disebut namanya, mempunyai banyak pendukung dan pengikut.

Tidak ada komentar: