Jumat, 14 September 2012

Catatan Tentang Ikhlas

Rasulullah shalallahualaihiwasallam bersabda yukhsyarunnasu ala niyatihim, manusia dikumpulkan di akhirat berdasar niatnya.
Fudhail ibnu iyadh ayat aldzi kholaqal mauta wal hayat liyabluwakum ayyikum ahsanu 'amala.
Ahsanu amala yaitu akhlashuhu wa ashwabuhu
Maknanya jika amal shalih ikhlas tapi tidak sesuai dengan sunnah maka tidak diterima Allah, jika amal shalih sudah sesuai sunnah namun tidak ikhlas maka juga tidak diterima.
Kata ulama Ikhlasu saatin najaatu abad maknanya ikhlas sesaat keselamatan selamanya.
Jerih payah ulama mendapat keikhlasan
Sufyan atsauri ma alajtu syaian asyaddu min niyyati, berat sekali mendapat kesempurnaan keikhlasan, karena niat itu berubah ubah.
Jangan merasa lelah berdoa ya musharrifal qulub tsabbit qalbi ala thaatika
Seorang ulama salaf Seandainya cemeti itu melukai badan saya itu lebih ringan bagi saya dari pada kesabaran untuk mendapat kesabaran

Yusuf ibnu husain sesuatu yang paling mulia di dunia ini adalah ikhlas, saya berusaha sekuat tenaga menghilangkan rasa riya dari diri saya namun selalu tumbuh bentuk lain, sum'ah, ujub dsb.
Ibnu qayyim bagi siapaupun yg mengamalkan dunia ini tanpa ikhlas bagai musafir yg menempuh perjalanan jauh dan berat, hanya mengisi tempat airnya dengan pasir sehingga tidak mendapat faidah apa-apa.
Rasulullah shalallahualaihi wasallam Rubba shaimin hadduhu min siyamihi athas, wa rubba qaimin hadduhu min qiyamihi assahr.
Fadhilah keikhlasan
Ikhlas melebur dosa kita, hadits dlm shahihaini, seorang pezina dari bani israil ada anjing mengais kelaparan hampir mati, wanita itu ikhlas melepas khuf, turun ke sumur, naik dan memberi air untuk anjing itu maka allah mengampuni seluruh dosa dosanya dan masuk surga.
Jika kita selami lebih jauh maka banyak faidah bagi kita, karena beberapa hal:
1. Tidak ada manusia yang melihatnya yang bisa memujinya.
2. Ikhlas butuh jerih payah dan sabar, wanita itu rela turun ke dasar sumur
3. Tidak terbesit mendapat imbalan dari anjing itu
Jangan terlintas dipikiran kita bahwa ikhlas itu mudah.
Ibnu qayyim menjelaskan kisah ini dalam madarijussalikin seandainya bukan karena keikhlasan dan ketauhidan wanita itu maka Allah tidak mengampuninya.
Kisah lain seorang yang menemukan ditengah jalan dahan penuh duri, dia singkirkan agar tidak mencelakai orang lain.
Jangan remehkan kebaikan apapun bentuknya, meskipun itu sekedar senyuman merekah dengan ikhlas ketika bertemu dengan saudara kita.
Fudhail ibnu iyyad berkata rubba amalin shaghirin tuadhimu anniyah, wa rubbah amalin kabirin tushaggiruhu anniyah bisababinniyah.
Keutamaan lain dari ikhlas adalah dijauhkan dari fitnah-fitnah dunia, hatinya terjaga dari fitnah jika ia ikhlas. Terutama fitnah perempuan, ingat bahwa hancurnya bani israil bermula dari fitnah perempuan.
Iblis berkata walaughwiyannahum ajmain illa ibadakal mukhlashin, aku akan menyesatkan semua manusia kecuali hambamu yang ikhlas.
Kisah Yusuf innahu min ibadinal mukhlashin inti dari kisah ini adalah ikhlas, yang bisa menyelamatkan Yusuf dari zina adalah ikhlas, berikut buktinya:
1. Syahwat laki laki lebih besar dari perempuan, syahwat sexual lebih besar dari syahwat makanan dll
2. Yusuf itu masih muda, syahwatnya masih besar
3. Yusuf itu orang asing, bukan asli mesir, dia berasal dari palestina, biasanya tatkala jauh dari keluarga lebih mudah maksiat, ada perasaan lebih mudah bermaksiat
4. Perempuan yang menggoda Yusuf itu cantik, berkedudukan, kaya
5. Perempuan yang punya hasrat, biasanya yang memancing itu yang pria
6. Kamar tertutup tidak ada orang lain yang tahu
7. Posisi Yusuf adalah bawahan dan si perempuan adalah atasan, bisa dihukum jika tidak menuruti perempuan
Kadzalika linasrifa anhu suu' fal fahsya' innahu min ibadinal mukhlashin, ikhlas membetengi yusuf dari 7 faktor pendukung diatas.
Jangan berbangga dengan dg diri sendiri, merasa sudah banyak lembur, kemudian merasa paling ikhlas, tapi ketika lihat perempuan cantik lewat saja sudah tergiur, ini salah satu bukti tidak bisa ikhlas.
Sejatinya orang ikhlas itu orang yang mengunci rapat lisannya agar tidak memberitahu kebaikan yang telah ia lakukan sebagaimana ia menjaga keburukan
Ibnu abi sinan, setiap malam tidur dg istrinya, kata istrinya suami saya suka menipu saya, saat saya tidur ia bangun diam diam shalat malam yang tidak disadari oleh istrinya.
Sampai ada istri ulama salaf menceritakan bahwa lama ia baru sadar bahwa suaminya sering menangis karena takut kepada Allah saat ia tertidur.
Imam syafii berkata saya berharap semua manusia belajar kitab saya, tapi jangan sampai menyebut nyebut nama saya.
Ibrahim annakhai punya kebiasaan baca alquran sebagai wirid harian, mewajibkan hal itu bagi diri mereka sendiri, saat ada tamu ia menutup mushaf tidak ingin diketahui orang lain. Dia selalu menyembunyikan shalat sunnah saat ada tamu mengetuk pintu ia batalkan.
Sembunyikan amal baik sebagaimana sembunyikan aib, jangan disebar luaskan, barangsiapa menyebarkankan maka ia tidak menghargai rahmat Allah. Inilah standar ikhlas, mampu menyembunyikan amal kebaikan sebagaimana menyembunyikan aib.
Syeikh ibnu utsaimin berkata orang yang meninggalkan amal karena takut riya itulah riya, dan orang beramal karena manusia itulah syirik.
Tatkala seseorang terbuai godaan setan ditengah shalat untuk riya maka ada dua kondisi, jika ia turuti riya sampai salam maka shalatnya batal, jika ia berusaha sekuat tenaga melawan riya sampai salam maka ia adalah mujahid sejati, karena ia melawan musuh yang tidak terlihat.
Mari sebarkan ilmu jangan disembunyikan, karena Allah mengamcam belenggu neraka bagi orang yang menyembunyikan amal.
Mudah mudahan kita dimudahkan Allah muhasabah, dan ikhlas.

6 komentar:

Andi Aboe Tsaqib mengatakan...

subhanallah, mudah mudahan kita semua diberi hati yang selalu ikhlas

anto mengatakan...

memang Kata ikhlash itu mudah untuk di ucapkan tapi kalau sudah mengenai ikhlash di hati sulitnya minta ampun,
iklash harus dengan jerih payah seperti point ke 2 dari faedah keikhlasan di atas,,

Semangat Belajar mengatakan...

ternyata kisah Nabi yusuf banyak ibrahnya, keikhlasan membuahkan keteguhan yang kuat akan kebenaran,,,

Sayyid Andi Ismail mengatakan...

ya mudah mudahan kita semua dimasukkan dalam golongan orang yang selalu ikhlas...syukron atas komentarnya

Semangat Belajar mengatakan...

amiin,,

Kurniawan Marda mengatakan...

Izin copy-paste