Kamis, 15 September 2011

Pembahasan Kuis 1 Mei 2011

Pada tanggal 1 Mei 2011 yang lalu Bapak membuat kuis buat anak-anak, berikut ini kunci jawaban beserta pembahasannya, berhubung belum ada yang mengirimkan email jawaban maka untuk bulan ini belum ada hadiah buat kalian, terima kasih.


1. Kaum Kafir Quraisy di jaman Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam menolak tauhid...
 
 Jawaban: b. Tauhid Uluhiyah
Pembahasan: Mereka sebenarnya mengakui tauhid rububiyah, yaitu mereka yakin Allah yang meciptakan alam, memberi rizki, mengatur dan memelihara, namun mereka menolak tauhid uluhiyah, yaitu mereka tidak mau menyembah Allah saja, mereka yakin boleh menyembah dan meminta kepada selain Allah, contoh kepada patung, berhala dan sebagainya.
2. Berdoa memohon bantuan kepada ulama yang sudah meninggal termasuk perbuatan...
    Jawaban
: b. Syirik
Pembahasan: memohon bantuan kepada orang yang sudah meninggal adalah perbuatan syirik, karena orang yang sudah meninggal tidak bisa memberi pertolongan, bahkan mereka butuh untuk didoakan bukan untuk dimintai doa. Nabi Muhammad Shalallahualaihiwasallam melarang keras orang yang berdoa kepada orang yang sudah mati.


3. Soal cerita: Pak Rudi menderita penyakit kanker otak yang tidak kunjung sembuh, ia merasa telah berdoa kepada Allah namun belum sembuh, lalu ia datang kepada ustadz Ahmad yang sekarang tinggal di dekat rumahnya dan dikenaldengan keshalihannya, pak Rudi meminta kepada ustadz Ahmad untuk mendoakannya agar penyakitnya segera sembuh, apa hukum perbuatan tersebut?
 Jawaban: b. boleh
Penjelasan: Boleh meminta orang yang kita anggap lebih sholih dari diri kita untuk mendoakan kita, sebagaimana yang dilakukan oleh khalifah ke dua Umar Ibnu Al Khattab yang meminta Abbas (paman Nabi) untuk berdoa meminta hujan. Dalam syariat hal ini dikenal dengan istilah tawasul yang diperbolehkan.

Tidak ada komentar: