Selasa, 05 April 2011

Tingkatan Dien


BAB 2
TINGKATAN DIEN

Definisi Tingkatan Dien.
Dien adalah keta’atan. Dalam bahasa arab  دَانَ لَهُ يَدِيْنُ         دِيْنًا  maksudnya   أَطَاعَهُ mentaatinya. Dien juga disebut millah, dilihat dari segi keta’atan dan kepatuhan kepada syari’at.

Sesungguhnya agama yang diridloi oleh Allah adalah Islam (Qs. Ali Imron: 19)

Sedangkan tingkatan dien itu adalah:
Islam
Menurut bahasa, Islam berarti masuk kedalam  kedamaian,  dikatakan أَسْلَمَ أَمْرَهُ إِلَى اللهِ  Artinya menyerahkan perkaranya kepada Allah. Dikatakan أَسْلَمَ  artinya masuk kedalam agama Islam. Sedangkan menurut syara’ Islam berarti pasrah kepada Allah, bertauhid dan tunduk kepadanya, ta’at dan membebaskan diri dari syirik dan pengikutnya.
Iman
Menurut bahasa iman berarti membenarkan disertai percaya dan amanah. Sedangkan menurut syara’ berarti pernyataan dengan lisan, keyakinan dalam hati dan perbuatan dengan anggota badan.
Ihsan
Menurut bahasa ihsan berarti berbuat kebaikan, yakni segala sesuatu yang menyenangkan dan terpuji. Dan kata-kata ihsan mempunyai dua sisi:
Pertama:  memberikan kebaikan kepada orang lain.
Kedua   :  memperbaiki perbuatannya dengan menyempurnakan dan membaikkannya.
Sedangkan ihsan menurut syara’ adalah :

أَنْ تَعْبُدَاللهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَّمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ
Engkau menyembah Allah seolah-olah engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak bisa melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Bisa juga diartikan seseorang mengerjakan kebaikan untuk orang lain serta menahan gangguan, sehingga ia akan mengorbankan kebaikan yang ia miliki untuk orang lain baik itu berupa harta, kedudukan, ilmu, maupun tenaganya. 

Tidak ada komentar: